Saturday, January 5, 2013

4 Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasca Olahraga



Assamualaikum wr.wb

kali ini admin mau share artikel tentang makanan yang baik dikonsumsi pasca olahraga. Harap disimak baik-baik ya sobat. 

Sebelum memulai olahraga, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang padat gizi agar tidak berlama-lama diserap oleh tubuh Anda. Olahraga mampu menghabiskan glukosa dan cairan dalam tubuh Anda, sehingga setelah selesai melakukannya, Anda perlu mengganti nutrisi yang hilang.

Banyak ahli mengatakan, kombinasi protein-karbohidrat dapat menggantikan glukosa yang hilang dan membantu membangun kembali otot-otot Anda. Jadi makanan apa yang baik untuk dikonsumsi? Berikut adalah makanan yang disarankan oleh LiveStrong.

1. Whey Protein
Suplemen whey protein dapat menggantikan cairan dan karbohidrat yang hilang selama latihan, serta memberikan efek kenyang pada perut dan mampu membentuk otot Anda. Protein shake memberikan nutrisi yang lebih cepat daripada makanan padat, dan whey adalah pilihan utama untuk protein karena mencakup semua asam amino baik esensial maupun non-esensial. Minumlah protein shake segera setelah latihan untuk mendorong perbaikan otot dengan cepat.

2. Buah & Yoghurt
Kombinasi buah dan yoghurt mampu memenuhi kebutuhan gizi Anda setelah olahraga. Nancy Clark, penulis "The Sports Nutrition Guidebook" merekomendasikan smoothies untuk dikonsumsi setelah latihan karena minuman ini dapat memperbaiki kebutuhan gizi secara cepat dan mudah.

Campurkan 1/2 cangkir plain yoghurt, 1/2 cangkir buah kesukaan Anda, 1 cangkir jus buah dan beberapa es batu sampai halus. Campuran ini menghasilkan 250 kalori, 50 gr karbohidrat, 3 gr lemak dan 5 gr protein. Tambahkan bubuk protein untuk meningkatkan kandungan protein dalam minuman tersebut.

3. Roti dengan Selai Kacang
Mengingat tidak banyak waktu untuk mempersiapkan makanan, roti gandum utuh dengan 1 sendok makan selai kacang cukup untuk memenuhi nutrisi Anda setelah latihan. Cemilan ini mengandung 6,5 gr protein dan hanya 175 kalori serta 3 gr serat.

4. Edamame
Edamame atau kedelai rebus adalah alternatif snack setelah latihan, makanan ini mengandung protein dan karbohidrat dalam satu paket. Menurut Nancy Clark, 1/2 cangkir edamame mengandung 11 gr protein, 127 kalori, lemak tak jenuh ganda yang baik untuk jantung dan asam amino esensial yang baik untuk tubuh Anda.

Mengkonsumsi makanan di atas setelah latihan, mampu mengganti nutrisi yang hilang selama Anda latihan. Namun yang tidak kalah penting, minumlah air putih. Minum air putih sebanyak 2-3 gelas, 2-3 jam sebelum latihan. Kemudian minum 1/2-1 gelas air setiap 15-30 menit selama latihan. Dan yang terakhir minumlah 2-3 gelas air setelah latihan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama latihan, seperti yang disarankan oleh American College of Sports Medicine

semoga artikel ini sangat bermanfaat buat sobat semuanya. bagi yang ingin mendownload artikelnya silahkan download disini
Title: 4 Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasca Olahraga; Written by Taofik AB; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment