Thursday, March 7, 2013

VIRUS SMS


Bersihkan pikiran Anda dari virus SMS:
Senang Melihat orang Susah dan Susah Melihat orang Senang;
dan konsumsi vitamin BOS : Buat Orang Sukses, Buat Orang Sejahtera. Maka jadilah Abda MAS: Maka Anda Sukses, Maka Anda Sejahtera.

Budaya yang membesarkan kita masih kental dengan ajaran untuk berkompotensi dalam hidup. Dala dunia kompotensi, kita akan menang jika mampu mengalahkan orang lain. Hal yang senada adalah kita sukses jika competitor kita mengalami kegagalan. Sikap Senang Melihat orang Susah (SMS) dilandasi spirit merasa menang jika ada orang yang susah, lantas merasa senang. Demikian pula sikap Susah Melihat orang Senang atau berhasil, lantas merasa susah. 
Ada baiknya budaya kompotensi itu kita geser ke dalam diri, yaitu dengan mengalahkan pencapaian (prestasi) kita sekarang sehingga kita tumbuh semakin kompeten. Sementara diluar kita gantikan denga buddaya kolaborasi yang memilki spirit: kita sukses jika mampu menyukseskan orang lain. Dengan kata lain, kita akan menang dengan memenangkan orang lain terlebih dulu.
Dalam dunia bisnis, penerapan budaya kolaborasi antarkompetitor bisa di contohkan sebagai berikut: bimbingan belajar A mendapatkan siswa kelas 3 SMA matematika, sementara stok pengajar habis. Maka itu, bimbel A mengontrak beimbel B untuk meminta pengajar matematika kelas 3 SMA. Pengajar bimbel B digaji oleh bimbel A, sementara bimbel B mendapatkan bagi hasil dari bimbel A. disini bimbel A untung, bimbel  B juga untung.

TELITI SIKAP ANDA :
1.      Apakah anda mendapati diri Anda berbahagia saat melihat orang lain berbahagia dan merasakan duka saat ada orang lain yang tengah menanggung derita atau sebaliknya?
2.      Sejauh ini, apakah sukses yang Anda capai lahir dengan  mengalahkan orang lain atau memenangkan orang lain?
 
Title: VIRUS SMS; Written by Taofik AB; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment